Penyebab Layar HP Berkedip

Dalam sebuah smartphone ada bagian bagian yang rawan dan rentan rusak. Komponen ini sering sekali bermasalah, dan sangat mengganggu pengggunanya. Komponen ini bernama LCD atau lebih dikenal dengan layar hp. Banyak gejala yang bisa disebabkan oleh Layar hp ini. Antara lain seperti layar hp blank, lcd hitam, LCD pecah, ataupun layar hp berkedip.

Kali ini VTiga kursus perbaikan smartphone dan laptop akan berbagi tips serta trik bagaimana menangani kasus layar hp berkedip. Apa saja penyebabnya ?


1.LCD Rusak

Penyebab Pertama dan yang paling sering terjadi adalah masalah pada LCD alias layar hpnya bermasalah. Solusinya ? Ganti saja!

2. Penyebab berikutnya adalah koneksi yang kurang baik antara Layar LCD dengan motherboard

Kita mengenal adanya konektor di motherboard. Kurang lebih seperti ini

Karena satu dan lain hal, bisa saja koneksi bermasalah. Umumnya karena kotor debu, atau korosi. Solusinya coba dilepas dan dipasang kembali. Perhatikan dengan seksama apakah koneksinya ada masalah. Jika memang bermasalah, terpaksa kita ganti konektornya.


Banyak yang jual konektor LCD, tapi anda perlu fasih dan trampil dalam menggantinya.



3. Faktor ke tiga yang bisa jadi penyebab layar hp berkedip adalah rangkaian LCD bermasalah.

LCD menerima data dari processor tentunya. Apa jadinya jika data yang dikirim bermasalah ? gambar akan bermasalah juga ! Tapi kalau datanya kadang bagus, kadang tidak, bisa saja. Ini adalah contoh kemungkinan kemungkinan rangkaian yang bisa menyebabkan erornya layar pada hp iphone



Setiap komponen yang dilingkari kotak merah bisa sekali rusak dan menyebabkan rusaknya layar lcd

4. Lampu layar


Nah ini juga nih yang bisa membuat masalah pada layar hp berkedip. Lampu ! Anda harus jeli dalam hal ini. Apakah benar tulisannya yang berkedip, ataukah lampunya. Mari kita simak contoh kasus berikut yang dialamai oleh salah seorang peserta pelatihan di VTiga. Dia membawa hp xiaomi yang layar hpnya. Setelah diteliti, ternyata masalah ada di lampu layarnya.



Pertama sekali kita ukur dulu tegangan untuk lampunya. Ukur langsung di titik ini !



Ingat, handphone harus dalam kondisi menyala, dan harus sangat berhati hati, karena jaraknya yang sangat dekat dengan kaki sebelahnya. Ya memang ternyata tegangan yang diukur tidaklah normal. Tegangannya mengayun, terkadang tinggi, dan terkadang turun di bawah tegangan batere. Apa yang dilakukan selanjutnya ?

Ada sebuah IC yang bertugas untuk menyalakan lampu. Tapi kita tidak bias sertamerta menggantinya! Harus ada pengukuran terlebih dulu. Yuk ukur di kapasitor ini ! Ini adalah input dari IC lampu.




Ya benar ternyata tegangannya ada, kita lanjutkan kita mengukur salah satu komponen penting lainnya, yakni diodanya.





Dan benar saja, ternyata diode ini bermasalah. Tidak normal ! Kita ganti saja, dan setelah diganti, tegangan lampu menjadi stabil ! tidak lagi naik turun, dan lampu layarpun stabil tidak menyala mati.

 Inilah salah satu contoh kasus perbaikan layar hp berkedip. Sebenarnya variasi yang bias terjadi sangat banyak. 

LihatTutupKomentar